Friday, February 18, 2011

Pengalaman Menyapih Anak Kucing

Gonja, panggilan Gonzales, aku adopsi saat umurnya menginjak 2 bulan kurang 3 hari. Dia masih menyusu saat aku hendak memeliharanya. Dia kucing yang cukup rakus akan susu induknya, dia bisa menyusu pada induk yang mana saja yang sedang menyusui anak-anaknya (terhitung saudara Gonja). Sayangnya, saat pertama kali aku adopsi kondisinya masih kurang bagus.

Bagian kepala, kaki, dan ekor tidak ditumbuhi bulu. Bulunya pendek dan terlihat botak, kumisnya pun tidak tumbuh, matanya sedang belekan sehingga aku diberi obat mata. Coba lihat foto Gonja saat pertama kali aku bawa, bisa dilihat kan kalau kepalanya memang nyaris botak, dia pun jadi tampak ugly dan menyeramkan. Aku bilang, Gonja seperti monyet atau puppy. Wah, jelek sekali ya fotonya…

Gonzales, kucing imut, kucing lucu,  kucing aneh,  kucing botak, menyapih anak kucing, susu kucingEmpat hari setelah disapih dari induk-induknya tentu ia akan berhenti menyusu dengan sendirinya. Gonja juga mulai terbiasa makan makanan padat yang aku beri, misalnya proser**s kitten rasa ayam yang memang rasanya hampir sama dengan proplan kitten rasa ayam. Namun sayangnya, hari kedua saat aku beri makan dia menolak sehingga kuberi makanan basah (whisk*s ocean fish), hasilnya Gonja diare. Hari selanjutnya aku hentikan makanan tersebut dan kubiasakan makan makanan kering secara perlahan-lahan. Pengalaman menyapih anak kucing harus disertai dengan rasa sabar, karena mungkin ditengah hari anda sedang bersenang-senang dengan kitten tersebut ternyata masalah datang. Umumnya, penyakit anak kucing yang baru disapih adalah diare, batuk, dan flu atau bersin-bersin. Untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah, yaitu :

Gunakan pakan yang sama dengan pakan yang digunakan sebelum anda mengadopsi anak kucing tersebut. Pakan sebaiknya tidak ditumbuk, dibasahi, atau dicampur susu kucing. Hanya pakan kering saja dengan kualitas baik yang dipakai.

Biasakan makan pada jam makan, kalau pun anak kucing belum terbiasa makan, coba temani dulu dan ajari cara makan di tempat anda. Kebiasaan makan yang berbeda ternyata juga mempengaruhi nafsu makannya. Jika anak kucing sudah terbiasa dengan cara makan di tempat anda, nafsu makannya akan kembali normal.

Jangan berikan pakan lain selain pakan yang biasanya ia makan. Misalnya, karena tidak tega melihat anak kucing tidak makan, lalu anda memberinya pakan basah atau pakan selain pakan kucing yang akan membuat pencernaannya semakin bermasalah dan menyebabkan diare.

Mandikan kucing di hari ketiga setelah datang ke tempat anda bila ingin memandikannya. Kucing akan bersin-bersin dengan perubahan lingkungan yang membuatnya stres sementara waktu, mandikan saja saat ia sudah sehat. Jika kucing tiba-tiba mencret sehingga meninggalkan bekas kotoran menempel pada bulu sekitar anusnya, cukup bersihkan dengan washlap yang dibasahi air hangat, disisir, kemudian dikeringkan.

Tetap rawat tubuhnya secara maksimal. Anak kucing yang baru disapih sudah tidak dekat lagi dengan induknya, anda lah sebagai ‘induk baru’nya yang bertugas membersihkan bagian organ penting lainnya seperti bulu, mata, telinga, kuku, bahkan anusnya.

Kasus khusus yang perlu penanganan lain contohnya adalah Gonja, kucing saya yang imut ini (tapi sekarang masih ugly begini ya), kepalanya dan bagian tubuh lain tidak ditumbuhi bulu. Harus sabar menunggu supaya bulunya tumbuh.

Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)