Monday, January 31, 2011

Mengatasi Masalah Kutu Kucing

Salam pecinta kucing, di akhir bulan Januari 2011 ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai perawatan bulu kucing agar kucing anda memiliki bulu yang sehat bebas dari gangguan seperti kutu.

Kutu pada kucing merupakan hal yang mengganggu penampilan kucing, selain itu juga mengubah kebiasaan kucing sehingga lebih sering menggaruk, bahkan lebih parah lagi dapat menyebabkan kerontokan dan luka-luka bekas garukan.

masalah kutu kucing, kucing kutuanKucing sangat mudah terjangkit kutu apabila dekat dengan hewan lain seperti kucing liar, atau kucing yang sedang berkutu, landak, atau anjing.

kotoran kutu kucing, telur kutu kucingkutu yang terlihat pada bulu kucing

kutu kucing, cat flea, gambar kutu kucingkutu kucing (cat flea) yang telah diperbesar

Beberapa petunjuk untuk melakukan perawatan bulu kucing supaya terhindar dari kutu adalah :
  1. Periksa kondisi bulu secara rutin minimal 1 minggu sekali. Lihat bulu bagian belakang punggung dengan sapuan jari tangan anda sepanjang punggungnya secara berkala, memeriksa bulu kucingjika terlihat bintik-bintik hitam kecoklatan pada batang bulunya menandakan bahwa itu telur kutu atau mungkin pada beberapa bagian terlihat seperti spot/titik hitam yang menandakan sekumpulan kutu. Kutu tersebut panjangnya sekitar dua sampai tiga milimeter. Kutu dapat berpindah dengan cepat, bila anda tidak melihat apapun tapi masih khawatir ada kutu, anda dapat mengeluarkan kutu-kutu yang tersembunyi dengan sisir kutu.
  2. Gunakan sisir kutu (flea comb). Sisir kutu dapat digunakan untuk memeriksa bulu kucing dari kutu yang bersembunyi. sisir kutu, sisir kucingCaranya, ambillah selembar kertas berwarna putih lalu sisiri bulu kucing dengan sisir kutu ke arah bawah. Kutu tersebut akan berjatuhan diatas kertas. Setelah itu, ambil kapas basah dan seka bintik-bintik tersebut dari kertas hingga bersih. Jika pada kertas terdapat bercakan/bintik merah menandakan kutu tersebut mencerna darah kucing anda.kutu kucing, bercak kutuKapas yang dibasahi air akan melarutkan darah yang sedang dicerna kutu sehingga anda mengetahui dengan pasti ada atau tidaknya kutu.
  3. Lakukan perawatan lain dengan menggunakan obat pembasmi kutu yang tersedia di toko hewan/dokter hewan. Misalnya, Frontline Combo. Obat ini digunakan dibagian belakang leher kucing yang akan meresap melalui bulu kucing anda, namun tidak masuk dalam aliran darah. Langkah lain anda dapat mensterilkan bulu kucing dengan obat serupa atau dalam bentuk suntikan. frontline combo, obat kutu, obat tetes kutu
  4. Untuk menghindari masalah kutu yang berkepanjangan, ada perlu membasmi kutu yang berada di karpet atau tempat-tempat lain yang menjadi kesukaan kucing tinggal. Misalnya, dengan menggunakan vaccum cleaner vaccum cleaner, sedot debu, membersihkan bulu kucing dan spray khusus pembasmi kutu untuk ruangan, yaitu Indorer Spray. Saat membersihkan rumah anda, keluarkan kucing dari rumah lebih dahulu.
Demikian, semoga bermanaat.
»»  READMORE...

Saturday, January 29, 2011

Cara Agar Kucing Mengenali Namanya

Salam Pecinta kucing.. Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana caranya melatih kucing agar dapat mengenali namanya sendiri.

Bagi kucing yang pertama kali tinggal bersama anda seringkali ketika dipanggil, kucing anda cuek saja, tentunya anda ingin kucing anda ketika dipanggil langsung 'nurut' kan? Berikut adalah 3 cara utama untuk mengajarkan kucing anda mengenal namanya:
  1. Langkah awal sederhana saja, ketika anda sedang bermain dengan kucing anda, selalu panggil dengan namanya. Ketika kucing anda merespons, berilah dia pujian, lalu beri dia sedikit hadiah seperti makanan kesukaannya, cara ini akan membantu mengingat namanya karena kucing anda akan mengaitkannya tentang hal yang baik, seperti dia akan berfikir ketika namanya dipanggil maka dia akan diberi sesuatu. memanggil nama kucing
  2. Lebih dekatlah dengan kucing anda, ketahui kebiasaannya, ajaklah kucing anda bermain sesering mungkin sambil memanggil namanya secara teratur.
  3. Lama kelamaan kucing anda akan mengingat namanya dan akan merespons lalu mencari-cari sesuatu yang akan anda berikan setiap kali anda memanggil namanya.
Tips tambahan:
  • Kebanyakan hewan mampu menanggapi suku kata, jadi misalnya jika kucing anda dipanggil dengan akhiran-i, maka kucing anda akan merespon paling tidak dua suku kata. Jangan kecewa karena ini merupakan bagian alami dari proses belajar.
  • Jangan membingungkan kucing anda dengan meneriakkan kapadanya hal-hal yang terdengar seperti nama mereka, seperti pussy, kitty, meong dsb. Kucing anda akan menjadi kecewa dan mulai berpikir bahwa anda tidak benar-benar memanggil namanya.
  • Jangan meneriakkan nama kucing anda ketika kucing sedang bertingkah, karena kucing anda akan berfikir bahwa nama itu disebut untuk memarahinya.
  • Coba untuk mengatakan nama kucing Anda dengan nada suara yang sama sepanjang waktu, itu akan membantu dirinya mengenali lebih baik.
  • Panggil nama kucing anda ketika dia sedang makan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memanggil kucing anda memberitahu waktunya untuk makan. Jika kucing anda sedang berada di luar, panggil kucing anda sambil menuangkan makanan ke tempatnya, hal ini bisa anda lakukan untuk mengajarkannya untuk datang ketika anda menyebut namanya.
  • Mulailah melakukan cara ini ketika kucing anda masih berusia muda. Mengajarkan kepada kucing yang muda lebih memudahkan untuk merespon namanya.
  • Jangan pernah mengubah nama kucing anda, hal ini akan semakin membuat bingung kucing.
  • Jangan biarkan kucing anda makan/minum sampai dia mulai merespons namanya. Ini akan mengasosiasikan ketika anda memanggil namanya dengan keinginannya untuk makan/minum.
  • Bersabarlah! Cara kucing belajar berbeda dengan cara kita.
  • Sekali lagi jangan panggil kucing anda dengan sebutan lain yang bukan namanya, panggil dengan nama yang anda inginkan supaya kucing anda merespons.
  • Anda mungkin membutuhkan beberapa alat bantu seperti makanan atau mainan kesukaannya.
Semoga berhasil! nama kucing, cara melatih kucing mengenali namanya

Sumber: How to Teach a Cat to Recognize Its Name
»»  READMORE...

Kitty Hamil Besar

Kucingku Kitty semakin hari perutnya semakin bertambah besar.. Udah mulai malas bergerak, kebanyakan aktivitasnya cuma tidur.. kalo jalan-jalan gak pernah jauh-jauh lagi, bentar-bentar berhenti buat tiduran.. Wah kasian liat dia jalan kayak keberatan perut..

Bentar lagi anak nya lahir nih, hayo siapa yang mau adopsi anaknya Kitty?
Ini dia foto-foto kitty lagi hamil besar:

kucing hamil, kitty hamil besar

kucing bunting

kehamilan kucing

kucing melahirkan
»»  READMORE...

Monday, January 24, 2011

Kucing Bertingkah Seperti Anjing

Kucing milik tetanggaku ini tingkah nya sedikit aneh.. mirip-mirip anjing gitu.. suka main lempar tangkap bola kertas, begitu bola dilempar maka kucing itu mengambilnya dan mengembalikannya lagi :D


video


video
»»  READMORE...

Kata Orang Aku Mirip Bleki

Banyak yang bilang kalau aku mirip dengan kucingku Bleki, iseng-iseng aku ambil foto berdua dengannya..

Mirip gak sih???

mirip kucing, mirip bleki, mirip blacky
aku mirip kucing, aku mirip bleki, aku mirip blacky
orang mirip kucing
kucing imut, kucing lucu
»»  READMORE...

Sunday, January 23, 2011

Rumah Baru Kucingku

Tak terasa setelah satu bulan lamanya menungu, akhirnya rumah baru untuk kucingku sudah jadi..

Ide membuat rumah kucing outdoor ini karena aku berniat untuk mengembang biakkan kucingku yang tentu saja nanti butuh ruangan lebih untuk menampung anak-anak dari kucingku..

Pembuatan kandang nya tidak begitu rumit, lokasi kandang memanfaatkan halaman belakang rumah yang tadinya hanya berisi tumpukan pot yang sudah tidak terpakai. Kandang dibagi menjadi 2 ruangan yang cukup luas, dengan ruangan penyimpanan keperluan kucing di atasnya.

Lega rasanya kini tempat tidurnya luas, tidak seperti dulu yang harus berbagi tempat untuk tidur, makan dan minum, bahkan pup :)


kandang kucing kecil, kandang kitty Ini foto ketika Bleki & Kitty masih satu kandang sempit :)



pembuatan kandang kucing, kandang kucing bekas Ini foto ketika rumah kucingku sedang dalam proses



kandang kucing, kandang kucing baru, kandang kucing outdoor Nah ini rumah kucingku yang sudah jadi
»»  READMORE...

Kucingku Rakus..!!

Seperti biasa, pagi-pagi bangun tidur kucing-kucingku ini meong-meong.. Ya.. mereka kelaparan karena makanan semalam sudah ludes..

Aku siapkan makanannya yang masih ada di kaleng.. eh baru dibuka kaleng nya kucing-kucingku langsung ngembat makanannya.. weleh-weleh rakus bener kucingku ini.. :)

kucing rakus, kucing gendut, kucing obesitas
kucing maruk, kucing gembul
»»  READMORE...

Kucingku Tidurnya Lucu

Kucing-kucingku ini ternyata memiliki kebiasaan tidur yang sedikit aneh, namun lucu bila dilihat, tidurnya bisa di sembarang tempat..

si Bleki suka tidur di tempat yang dingin-dingin, sebaliknya kitty suka tidur di tempat yang hangat..

gaya tidur nya itu loh.. aneh-aneh..!

Bleki suka tidur di batal..?




Ternyata bleki cuma suka tidur dengan cara bersandar..

kucing tidur


Tapi yang ini? Bleki tidur seperti katak

kucing tidur bersandar


Ya.. Bleki suka ketiduran kalau dipijitin..

kucing tidur seperti kodok, kucing tidur tengkurap


Selain tengkurap, Bleki juga suka tidur telentang.. :)

kucing tidur telentang, kucing ngantuk


Setiap kali Bleki dipijitin leher nya, dia ketiduran :)

kucing ketiduran, kucing malas, sleepy cat












Nah, kalo yang ini si Kitty.. kucing betina ini juga memiliki posisi tidur yang tidak kalah anehnya..

posisi tidur kucing













Tidur di atas tumpukan kertas?

kucing silat, kucing karate, ninja cat











Kitty tidur dengan gaya karate..

kucing ninja, karate cat
»»  READMORE...

Bleki loves Kitty #2

Ini dia video ketika Bleki membangunkan Kitty yang ketiduran di kasur..

Kata Bleki: "hey Kitty bangun dong.. jangan tidur disini, ini kan kasur nya orang..? tidur di tempat lain aja yuk..?

video
»»  READMORE...

Saturday, January 22, 2011

Bleki loves kitty

Gak disangka.. Bleki yang dikenal buandel dan nakal ini, ternyata merupakan seekor kucing yang sangat menyayangi pasangan nya loh..

kucingku imut, blacky loves kitty, bleki
Kitty, kucing betina pasangannya ini, sedetik pun tak luput dari pengawasan si Bleki.. kemana Kitty pergi, Bleki selalu mengikutinya.. maklum Kitty kan kucing baru di rumah ini, jadi belum tau daerah sekitar.. jadi Bleki selalu menjaga dia..

kucing penyayang, pasangan kucingAtau mungkin Bleki sangat senang begitu dia diberi pasangan si Kitty.. saking seneng nya si Bleki, setiap kali Kitty tidur, Bleki selalu menemaninya...
kucing sayang pasangan

Bleki pun sering menjilati bulu-bulu Kitty yang kusut, atau membersihkan mukanya dari kotoran yang sering keluar dari matanya, ternyata Bleki perhatian banget ya??

Ketika Bleki sendirian dan ingin ditemani, biasanya dia membangunkan Kitty yang sedang tertidur dengan cara menjilatinya sampai terbangun.. dan Kitty pun merasa nyaman diperlakukan seperti itu, bener-bener so sweet ternyata Bleki itu :)
»»  READMORE...
 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)